Tuesday 23 July 2013

Roadshow ke Tiga Pantai #SUCVacation

Ini pamflet #SUCVacation
Minggu yang menyenangkan. Setidaknya, itu gambaran singkat tentang tanggal 10-14 Mei kemarin. Kok bisa menyenangkan? Begini nih, ceritanya...

Tanggal itu menjadi minggu eksekusi projek Stand Up Comedy Vacation (#SUCVacation). #SUCVacation merupakan serangkaian acara yang terdiri dari workshop dan kompetisi di tiga kampus, serta nite show di malam puncak acara. Konsep acaranya liburan, jadi ya seru-seruan deh.

H1 (Pantai FISIP Undip)
Senin, 10 Juni 2013. Pantai FISIP menjadi destinasi pertama liburan ala #SUCVacation. Kami, tepatnya tim kreatif bersama tim produksi dan tim program berhasil menyulap ruang teater FISIP menjadi sebuah pantai yang keren banget. Di dalam ruangan, ada backdrop bernuansa pantai karya Creative Director, Jazza, lengkap dengan kursi pantai, pohon palem, pasir putih, dan payung warna-warni.

Sementara di luar ruangan, banyak wahana yang bisa dinikmati para pengunjung. Ada joke spot, games arena, serta aneka stand makanan dan baju. Stand joke spot berisi plasma yang menampilkan video para comic (sebutan bagi orang yang ber-stand up comedy), seperti Pandji dan Raditya Dika. Selain itu, di sini juga menyediakan permainan dubbing, yang setiap pengunjung dapat menjadi pengisi suara dan direkam. Nah, hasil rekaman itu yang akan dinilai.

Games arena berisi aneka permainan seru, berupa meruntuhkan kaleng dengan bola pingpong, hulahop, dan... satu lagi aku lupa namanya. Intinya sih melewati kayu panjang sambil kayang.

Perlu persiapan sejak sore sehari sebelumnya loh. Ray, sang Program Director sudah di lokasi sejak jam 17.00. Dia mengawal pemasangan tenda yang menjadi tempat stand, games arena, dan joke spot. Setelah kedatangan Rey, kami mulai menyusul.

Aku, Vella, dan Dhea masih ribut soal produksi, karena kami memang awak produksi. Kami mempersiapkan tirai sedotan yang nggak kelar-kelar meski sudah empat hari pengerjaan. Beruntung, teman-teman dari divisi lain turut membantu.

Kesialan datang di jam 19.00, yang tetiba mati lampu. Karena ini hari Minggu, genset kampus nggak dinyalakan. Kami pun memulai aktivitas dengan bergelap-gelapan ria. Briefing, menyusun tirai, dan membuat stand juga dengan gelap-gelapan. Lebih kerennya, kami tetap mulai membuat pantai di dalam ruangan juga dengan gelap-gelapan.

Satu-satunya hiburan adalah lagu Pumped Up Kicks dari Foster The People yang mengalun dari macbook-nya Jable. Nah, karena macbook-nya Jablemenyala, otomatis ada cahaya terang ya, meski enggak banyak. Itu yang kami manfaatkan sebagai penerangan kala membuat berbagai hiasan untuk acara.

Jam 22.00, lampu akhirnya menyala. Kami langsung mencurahkan segala tenaga untuk mengebut pengerjaan dekorasi (karena sudah dihadiahi nasi Padang buat makan malam juga sih, hehe). Baru pada lewat tengah malam, pekerjaan kami selesai. Tim #SUCVacation meninggalkan kampus pada jam 00.15.

Pada pelaksanaannya, bagian dalam ruangan untuk workshop seputar stand up comedy. Isinya sih tentang cara menumbuhkan kepercayaandiri seorang comic, menggali ide kreatif untuk ber-comic, dan menyiapkan materi sebelum tampil. Workshop ini digelar jam 10.00-12.00, dan paterinya disampaikan comic dari komunitas Stand Up Comedy Kota Semarang (SUCKS).

Usai workshop dan istirahat, acara dilanjutkan dengan kompetisi. Peserta kompetisi nggak cuma dari Undip saja, karena beberapa di antaranya datang jauh dari kampus tetangga, Unnes dan IAIN Wali Songo. Eh, ada juga satu orang peserta yang masih siswa SMA. Para peserta tampil dengan tema beragam (karena panitia enggak menentukan tema tertentu), jadi kesannya segar gitu, banyak ide lawakan yang muncul.

Ketika kompetisi stand up selesai, peserta dan panitia dihibur dengan penampilan comic dari SUCKS. Setelah itu, dipilih dua peserta terbaik yang kembali akan “diadu” pada night show #SUCVacation nanti.

Kehadiran para dosen kece Komunikasi menjadi hal paling berkesan dari liburan di Pantai FISIP. Mas Hedi (ketua jurusan), Mas TL (sekretaris jurusan), dan Mas Hardjo (dosen favorit, ketua jurusan sebelum Mas Hedi) adalah dosen yang menyambangi pantai ini. Mereka datang pas kompetisi berlangsung, dan pas beberapa panitia tengah makan siang. Kedatangan mereka enggak lama sih, tapi memberi kesan besar lah buat kami, karena menunjukkan apresiasi mereka terhadap projek mahasiswanya.

H2 (Pantai FIK Unnes)

Selasa, 11 Juni 2013. Pantai Fakultas Ilmu Kependidikan Unnes menjadi destinasi kedua #SUCVacation. Persiapan mulai dilakukan sejak selesainya roadshow pertama di Undip. Jam 17.00 properti #SUCVacation mulai diangkut menggunakan “helikopter darat” milik Aak. Ternyata masih nggak cukup juga, jadi ya ada setidaknya tiga mobil yang turut berkorban mengangkut properti.
Tim #SUCVacation diperbolehkan pulang kosan dulu, untuk sekedar mandi atau salat. Jam 19.00 tim dekorasi mulai pekerjaan di kampus Unnes.

Sebelum sampai ke lokasi, kami harus mendaki gunung dan melewati lembah dulu dong, menuju Gunung Pati. Membayangkan aja sudah capek :D

Sesampainya di lokasi, kami segera bergerak. Enggak mau dong, kami pulang tengah malam dari kampus orang dengan kembali mendaki gunung dan lewati lembah begitu. Tapi, kejutan kembali datang. Tentang proyektor yang ketinggalan di kampus. Iya, di kampus Undip. Sang Project Officer, Mamot, langsung meluncurkan mobilnya. Setelah kembali, jeng jeng, proyektor sudah di tangannya.

Ehm, karena gambaran dekorasi sudah ada di memori kami, pekerjaan di Unnes selesai lebih cepat. Iya dong, di Undip kemarin kan kami sudah memulainya, jadi ya di Unnes ini kami tinggal mengulang dekorasinya. Hanya menyesuaikan lokasi yang ternyata berbeda saja.

Jam 21.30, aku, Dhea, Vella, dan Ulilmeninggalkan kampus Unnes lebih dulu. Di sana kami meninggalkan beberapa teman yang masih finishing ruangan untuk workshop dan kompetisi.

Pagi-pagi aku dan Vella langsung meluncur menuju Gunung Pati. Meski di tengah udara dingin, kami bisa sampai pertama di lokasi, jam 07.26. Pintu ruangan sudah dibuka, tapi setelah kami masuk, ternya masih kosong melompong. Belum ada yang datang, saudara-saudara!

Laperrr.. Akhirnya kami sarapan dulu di kantin.

Beberapa menit kemudian, Bisma datang, disusul Dhea. Setelah itu, rombongan mobil mulai berdatangan.

Yap yap yap! Persiapan sebentar lah..

Acara dimulai dengan hujan. Tapi, tetep seru kok, nggak kalah dari Undip. Peserta workshop dan kompetisi juga banyak. Aku juga berhasil mengajak teman-teman di Unnes buat datang ke acara, termasuk si Dewi. Aksi sebar flyer juga dilakukan, demi menjangkau teman-teman mahasiswa di luar FIK yang belum mendapat terpaan informasi seputar #SUCVacation. Duileehh, sok ilmiah bener.

H3 (Pantai Unika Soegiapranata)
Rabu, 12 Mei 2013, acara dilanjutkan di Unika. Di Gedung Thomas Aquinas.
Persiapan di destinasi ketiga dilakukan secara langsung, setelah selesai dari Unnes. Sore hari, seluruh properti dan semua tim bergerak menuju Unika.

Sesampainya di lokasi, properti segera diturunkan dari mobil dan helikopter darat. Perbedaan dari dua destinasi sebelumnya, di Unika ini antara ruang workshop+kompetisi dan joke spot+stand itu terpisah jauh. Antara lantai satu dan lantai tiga euy. Jadi ya, mondar-mandir pakai lift gitu.. *Rada males gerak ke atas ke bawah gitu, jadinya #eh

Waktu mau pemasangan tenda untuk stand, ternyata di lokasi tempat pendirian kami masih berdiri tenda “pemakai sebelumnya” yang belum diberesi. Dari jam 16.30 sampai magrib, tenda itu masih kokoh berdiri. Panitia si acara sebelumnya secara dihubungi, tapi ya susah gitu. Akhirnya kami langsung memasang tenda di bawah tenda yang masih berdiri. Gimana ya jelasinnya, pokoknya gitu deh. Dengan segala keribetannya, akhirnya aksi dekorasi selesai sudah, nggak malem-malem banget kok.

Pagi harinya (Rabu), kami meluncur ke Unika. Beruntung, lokasi ini nggak sejauh Unnes. Aksi pertama, kami beres-beres tirai yang berjatuhan karena hujan, yang juga bikin lantai stand basah. Sesudah itu, pemasangan spanduk di depan gedung.

Urusan stand dan joke spot sudah. Urusan panggung workshop dan kompetisi juga sudah. Intinya sih, gedung di Unika ini keren banget dah. Mewah gitu.
Setelah kelar beres-beres, kami kembali menyebar flyer, sekalian jalan-jalan keliling kampus orang, haha. Ternyata banyak yang minat loh, kebanyakan mereka rombongan juga. Jadi ya, lumayan yah, acara gaet peserta ini.

Sekembalinya, kami langsung naik ke lantai 3, tempat berlangungnya kompetisi. Ternyata seru loh. Apalagi, Mesita eh, Mesas, juga ikut tampil menghibur kami sebagai peserta. Iya, Mesas yang Production Director itu ikutan jadi peserta. Kami yang juga teman-temannya, langsung ramai meneriakkan semangat. Ah, keren banget dah, sampai akhirnya Mesas bersama satu orang peserta lain menjadi finalis untuk tampil di nite show.

Kelar acara, langsung beres-beres dong. Setelah roadshow 3 hari di kampus yang berbeda, ada jeda satu hari nih, sebelum datangnya puncak acara #SUCVacation . Tunggu ceritanya yaaa...

1 comment:

Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa menulis komentar ya :)