Thursday, 1 August 2013

Ke-ABSURD-an #StandUPNite Komedi Putar

...SETELAH JEDA SEHARI DARI ROADSHOW #SUCVACATION...

Selamat datang di #SUCVacation Komedi Putar
Jumat, 14 Mei menjadi hari eksekusi terakhir projek #SUCVacation. Persiapan dilakukan sejak pagi hari. Diawali dengan insiden telat. Maap ya temans...

Acara malam nanti, bertajuk #StandUpNite Komedi Putar yang berlokasi di Hotel Grasia. Aksi dekorasi segera dimulai. Mulai dari panggung, kursi penonton, sampai area depan yang menjadi lokasi joke spot, photo booth, stand registrasi, dan stand baju+makanan.

Konsep dekorasi pastinya jauh berbeda dibanding dengan #SUCVacation waktu roadshow. Lebih wah deh pokoknya. Di bagian depan, dekorasi menggabungkan kain, sedotan, styrofoam, dan kertas sebagai hiasan. Semuanya warna-warni, demi menonjolkan suasana liburan dan pantai. Dekorasi bagian depan, kelihatan keren banget deh, berkat sentuhan tangan kreatifnya Tya.

video

Ketika memasuki area #StandUpNite , pengunjung akan disambut dengan bendera warna-warni dan diselingi tulisan WELCOME. Semakin masuk ke dalam, di sisi kanan dan kiri akan ada kain warna-warni di dinding dengan tambahan lampion dan tirai sedotan. Nah, menyusuri lorong itu, pengunjung akan sampai di photo booth. Di sana, boleh deh, foto-foto sepuasnya buat dipasang di twitpic, haha.

Kalau sudah masuk di ruangan, eeehhhmmmm masih keren pokoknya. Kursi sudah disusun rapi, demi menjamin seluruh peserta dapat melihat panggung dengan nyaman. Nah, panggung itu tuh, yang menjadi stopping power banget. Suasana pantainya dapet banget! Selain di pasang backdrop, hiasan pendukung juga oke banget. Terutama karena keberadaan air dengan ikan yang unyu. Ditambah dengan pohon palem, kursi pantai, dan payung warna-warni (kalau ini sih nggak berbeda dari roadshow, hehe).

Sore hari, dekorasi selesai. Tapi, jam 17.00 kami sudah harus kembali di lokasi. Waktu untuk pulang dan bersiap diri hanya sekitar satu jam. Padahal karak hotel dan Tembalang yo lumayan, jane, haha..

Nah, pas sampai di lokasi lagi, suasana sudah ramai. Peserta sudah berkerumun di loby. Pasti sudah nggak sabar deh, masuk ke ruangan yang kece itu.

Semua panitia bersiap. Semua mengenakan pakaian bernuansa pantai. Bebas aja lah, yang penting keren. Pembeda antara panitia dan peserta hanya cocard yang terkalung di leher panitian. Bertuliskan Tour Guard atau Beach Boy.

Malam itu, mayoritas panitia, termasuk aku bertugas sebagai tour guard. Tim kreatif hanya menyediakan dua macam co card. Beach boy bertugas di “dalam” ruangan, maksudnya itu yang mengurusi di belakang panggung acara, berisi teman-teman Program. Sisanya, memakai co card tour guard, meski itu jaga meja registrasi atau memang tour guard seperti aku, yang mengantar penonton nite show ke kursi sesuai nomor yang telah dipilih.

Sewaktu menjalankan tugas itu, setiap tour guard dibekali dengan denah kursi penonton. Lama kelamaan sih jadi semakin ingat lokasinya, tapi di tengah kondisi lampu yang dimatikan (kecuali satu spot light) dan nggak bawa kaca mata itu, ehmmm waw banget, celakanya, haha.

Penonton #SUCVacation nite show akan dihibur oleh menampilan musik dari Aljabar dan Rodra Ciptaning. Ada juga penampilan comic, 6 finalis dari roadshow ke 3 kampus dan SUCKS. Setelah itu, jeng jeng, hadirlah KEMAL PALEVI! yang disambut teriakan histeris penonton.

Kemal tampil selama satu jam non stop. Selama itu juga, kami bisa puas ngakak. Harus diakusi sih, dia memang hebat dan ekspresif  banget! Keren banget deh pokoknya. Absurd total!

Setelah acara selesai, dibuka foto bareng Kemal. Karena belum bisa beres-beres, kami makan dulu di luar ruangan. Di tangga darurat di samping balkon. Aku makan bersama Vella dan Dhea. Ehm, rasanya enak banget deh, makan dengan hawa dingin dan pemandangan Semarang bawah yang terlihat dari balkon.

Di tengah makan, Kemal dan manajernya bersama Jeko keluar pintu dan berjalan menuju kami. Kami yang duduk di tangga segera bangkit, karena tangga itu yang akan Kemal gunakan untuk turun. Tapi, Kemal malah bilang,”Eh, kerupuknya jatuh.” Kerupuk yang dimaksud adalah kerupuknya Vella, karena nggak sempet keambil. Hahaha.

Setelah penonton mulai sepi, kami langsung bergegas beres-beres. Jelas lah, ini udah malam banget. Aneka hiasan langsung diberesi. Semua properti dan ambient tools langsung diangkut ke helikopter darat dan mobil. Pokoknya semua harus segera selesai, karena ruangan akan langsung dibenahi untuk persiapan event hotel selanjutnya.

Jam 00.30 lebih, akhirnya semua barang berhasil dibereskan. Jam segitu, baru kami bisa pulang. Waktu aku pulang, masih banyak teman panitia yang di lokasi loh, ckckck.

Intinya sih, acara #SUCVacation ini keren banget! Aku bangga, bisa menjadi bagian dari projek ini.


Di balik #SUCVAcation:

Sebenarnya, #SUCVacation adalah tugas dari mata kuliah Teknik Perencanaan Kegiatan atau Event Management. Projek #SUCVacation dikerjakan seluruh mahasiswa satu kelas, setelah melewati sederet proses panjang tentunya.

Konsep #SUCVacation lahir dari ide kreatif tim Big Mama, yang berisi Mamot dkk. Pokoknya mengombinasikan stand up comedy dan tema liburan gitu deh.

Semua orang mendapat tambahan ...ita pada namanya. Sapaan itu selalu dipakai di acara, terutama untuk panitia laki-laki. Nggak peduli tambahan itu enak atau enggak didengar. Misalnya, Mamot jadi Mamita, Jable jadi Jablita, Jaza jadi Jazita, dan Mesas jadi Mesita.

Lagu Pumped Up Kicks-nya Foster the People dan Feel-nya Robbie William jadi semacam soundtrack event ini. Dua lagu ini selalu diputar waktu persiapan dan jeda acara.

Gunting menjadi salah satu senjata wajib sepanjang acara #SUCVacation. Beberapa orang, terutama dari produksi dan program, mengantongi gunting di saku celana. Aku salah satunya, haha.

Lima kali dapat makanan di acara #SUCVAcation, hanya di malam terakhir #StandUpNight Komedi Putar yang ada sambalnya. Aku sih awalnya nggak tahu, sampai akhirnya panitia ramai ngomongin kalau Jeko si General Affair sengaja pesan makanan tanpa sambal karena nggak suka pedas. Nah, pas makan terakhir yang ada sambalnya itu, yang pesan Femi, dari General Affair juga.

Proyektor adalah “anak kesayangan” dari sekian banyak properti dan ambient di acar #SUCVacation. Harta 14 juta, man..

Setelah #SUCVacation selesai digelar, ada pitching untuk mempertanggungjawabkan event itu. Pitching ini digelar pada Senin, 8 Juli kemarin dan dimulai jam 08.00 pagi! Bbrr.. Mata masih ngantuk tuh, waktu berangkat ke kampus, yang sebenarnya sudah sepi karena minggu ujian sudah kelar. Pitching ini diawali dari PO beserta jajarannya dan segenap director. Setelah itu, setiap orang kebagian pitching satu-satu, perorangan. Pokoknya aku kebagian masuk ruang sidang itu sekitar jam 13.00an deh.


Sementara sih ini dulu, kalau ada lagi nanti aku tambahin. Kalau ada yang mau nambahi ya monggo... 

1 comment:

Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa menulis komentar ya :)